Langsung ke konten utama

Cara menghilangkan password file di WinRAR

Sebelumnya maaf saya baru kembali menulis lagi di blog ini karena saya yang sedang menjalani Ujian Akhir Semester dan hari ini saya akan membagikan tips dan trik cara menghilngkan password file di WinRAR. Siapa yang nggak gelisah dengan file WinRAR yang dipassword? Apalagi kalau password tersebut hanya bisa didapatkan setelah kita menyelesaikan survey yang tersedia di web yang telah ditentukan. Dan survey tersebut juga merepotkan kita yang berada di negara kecil seperti Indonesia. Terkadang survey yang tersedia tidak cukup bervariasi atau bahkan tidak ada survey yang tersedia. Jadi, kita diharuskan memakai VPN dan memilih koneksi ke USA. Terlebih kalau survey yang akan kita selesaikan itu ribet dan akhirnya berujung kepada file password yang tidak terbuka. Sungguh menyebalkan, hehehe. Jadi, saya akan membagi tips dan trik kepada kalian pengguna WinRAR untuk menghilangkan password pada file berbasis WinRAR (.rar). Langsung saja kebawah

WinRAR didefinisikan sebagai Pengarsip berbasis Windows 32-bit dan manajer arsip yang digunakan untuk membuat file yang dikompresi mirip dengan cara itu ditangani oleh format kompresi ZIP yang populer. Utilitas perangkat lunak ini mampu membuat beberapa arsip bagian yang dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil biasanya menggunakan RAR, R00, R01, dan sebagainya sebagai format ekstensi file, tetapi juga dapat menggunakan ekstensi ZIP jika disukai oleh pengguna. Pemasangan utilitas ini biasanya menempatkan pilihan dalam menu konteks Sistem Operasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses perangkat dengan mengklik kanan pada file atau folder yang akan dikompresi dan memulai proses kompresi. Alat ini dilengkapi dengan fitur proteksi password untuk mencegah akses tidak sah ke isi arsip terkompresi dengan menguncinya sebelum didistribusikan ke pengguna lain atau menyimpan ke dalam media penyimpanan.

Bahan yang dibutuhkan:
- WinRAR
- Asip yang telah dikompres

Langkah 1
Tidak seperti utilitas kompresi lainnya, WinRAR tidak menyajikan cara mudah untuk menghilangkan proteksi password untuk arsip yang dijamin sebelumnya. Hal ini mungkin dilakukan untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang dengan password yang benar mengakses isinya. Untuk menghapus fitur perlindungan password, klik dua kali pada file yang akan membuka arsip.

Langkah 2
Tergantung pada bagaimana file tersebut dikompres, mungkin isi file bisa ditampilkan kepada pengguna. Pengguna akan diminta untuk memasukkan password ke dalam sebuah kotak teks pesan. Hanya password yang benar yang akan mengekstrak isi arsip. Sebuah password yang salah akan membuka jendela menunjukkan kesalahan potensial yang akan dihadapi selama proses ekstraksi.

Langkah 3
Setelah diekstrak, isi file sekarang dapat diakses oleh pengguna. Untuk menghapus proteksi password, sebuah arsip baru harus diciptakan. Klik kanan pada file diekstrak dan memilih 'Add to Archive' pilihan dari menu konteks.

Langkah 4
Arsip nama dan parameter jendela akan ditampilkan kepada pengguna. Klik pada 'Advanced' tab dan klik tombol Set password. Pastikan bahwa kedua kotak teks kosong. Kotak centang untuk pilihan 'nama file Encrypt' dapat diaktifkan tanpa mengaktifkan fitur proteksi password. Ini akan mengenkripsi tidak hanya file data tetapi juga daerah yang lebih sensitif seperti atribut, ukuran file, dan blok data lainnya. Ini dapat digunakan untuk mencegah menampilkan daftar file yang terkandung dalam arsip.

Langkah 5
Klik tombol 'OK' dua kali. Ini akan membuat arsip baru dengan format RAR yang tidak dilindungi oleh password utilitas. Sumber arsip dengan proteksi password sekarang dapat dihapus oleh pengguna jika tidak diperlukan lagi.

Sekian, berhasil? Kalau iya, bagikan ke teman teman kalian yang mungkin membutuhkan. 
Salam.


Komentar

  1. Sulit juga ya.. ane saja sempat berulang kali mencobanya toh juga ngak ada hasilnya heem

    BalasHapus
  2. itu mah cuma buat file rar lagi namanya. bukan menghapus password rar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah pada masa pra-aksara

Menurut Marwati Djonoed Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sejarah alam semesta lebih panjang dibandingkan umat manusia. Manusia pertama kali muncul sekitar zaman Pleistosen (3.000.000 sampai 10.000 tahun lalu) Asal usul Bumi dan mahluk hidup Ilmuwan meyakini Bumi terbentuk pertama kali saat adanya letusan Big Bang sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, ledakan ini menyebarkan material dalam jumlah banyak ke alam semesta lalu membentuk sistem tata surya. Dulu, Bumi berbentuk gumpalan gas panas yang kemudian berevolusi selama 2,5 miyar tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menurut ilmu Geologi, proses berkembangnya Bumi melalui 4 tahapan. Yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum a.        Masa Arkaekum Masa ini terjadi sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Dimasa ini tidak ada kehidupan karena bumi masih berbentuk bola gas panas yang bersuhu tinggi b.        Masa Paleozoikum Berlangsung sekitar 500-245jt tahun lalu. Kondisi Bumi mula