Langsung ke konten utama

Ekonomi: Pasar Modal


Pasar modal: pasar tempat bertemunya permintaan dan penawaran dana jangka panjang berbentuk penjualan dan pembelian surat berharga.


Perbedaan pasar modal dan pasar uang
Perbedaan
Pasar modal
Pasar uang
Tingkat bunga
Relatif rendah
Relatif tinggi
Pihak yang berperan
Investor individu/kelompok
Individu; bank komersil, penjamin investasi, pemerintah dan badan usaha
Jangka waktu
Panjang; >1tahun
Pendek; <1tahun
Peran pasar modal:


§  Sarana penambah modal bagi badan usaha

§  Fungsi pemerataan pendapatan

§  Sarana peningkatan kapasitas produksi

§  Tempat penciptaan lap. kerja

§  Sarana peningkatan pendapatan kerja

§  Indikator perekonomian negara

Lembaga penunjangnya:  Bapepam, Bursa efek, akuntan publik, underwriter, wali amanat, notaris, konsultan hukum, lembaga clearing

Produk:

a.       Produknya yaitu saham, obligasi, right issues, warrant, dan reksa dana

b.      Saham: tanda kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan berupa surat berharga. Dibagi menjadi saham biasa dan preferen.

i.                     Saham biasa adalah yang paling dikenal dan paling dipilih perusahaan dan investor

ii.                   Saham preferen adalah gabungan saham biasa dan obligasi. Jika suatu saat perusahaan penerbit saham (emiten) mengalami kerugian maka pemegang saham tidak mendapat pembagian dividen sesuai deal.

c.       Obligasi: surat berharga berisi kontrak antara pemodal dengan perusahaan penerbit surat berharga. Ada obligasi berbunga yang berbentuk kupon (dibayar dari pemberi obligasi kepada pemilik obligasi), ada yang tidak. Dapat disamakan dengan deposito berjangka, namun deposito berjangka tidak bisa dijual.

Perdagangan obligasi ditentukan oleh tingkat suku bunga. Jika suku bunga bank umum lebih rendah daripada suku bunga pemilik surat, maka sang pemilik bisa menjualnya dan dapet untung. Keuntungannya dinamakan capital gain. Namun jika penerbit surat obligasi bangkrut maka pemegang mendapat kerugian karena tidak mampu membayar harga pasar dari surat obligasi tersebut. Perbedaan obligasi dengan saham:

Aspek
Saham
Obligasi
Hasil
Tidak tetap tergantung perusahaan
Tetap, karena ada tingkat bunga yang diterima investor
Pembayaran
Bukan prioritas
Diprioritaskan
Keuntungan
Dividen dan capital gain
Bunga dan capital gain

d.      Right issue: hak bagi pemodal memegang saham baru yang akan dikeluarkan emiten. Right issue bisa dijual ke pihak lain bila tidak dipakai si pemodal/pemegang

e.      Warrant: surat berharga yang dikeluarkan perusahaan yang memberi hak kepada si pemegang untuk membeli saham dengan syarat terkait harga, jumlah, dan masa berlakunya warrant tersebut. Fungsinya adalah untuk menarik perhatian investor, si investor berkesempatan mendapat tambahan saham yang lebih murah harganya dibanding harga pasar. Namun jika harga sudah lebih rendah daripada harga pasar, pemilik warrant akan sia-sia untuk menggunakannya.

f.        Reaksi dana: wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Digunakan oleh masyarakat yang memiliki dana dan pengetahuan yang terbatas untuk berinvestasi. Dana ini akan dihimpun dari banyak masyarakat kemudian oleh manajer investasi akan dibelikan produk bursa efek seperti saham, obligasi, dll., sehingga menghasilkan keuntungan dan dana bisa diarahkan untuk pendapatan, pertumbuhan, dan keseimbangan.

Mekanisme transaksi

             Penjualan dan pembelian surat berharga di bursa efek disebut perdagangan sekunder, perdagangan primer terjadi ketika emiten pertama kali menerbitkan surat berharga lalu dibeli investor. Perdagangan di bursa efek hanya bisa dilakukan oleh pialang suatu perusahaan resmi yang merupakan anggota bursa efek. Saham yang diperdagangakan diberi satuan 1 lot (terdiri dari 500 saham atau lebih), dan bagi investor yang memiliki jumlah saham dibawah 500 bisa menjualnya di pasar negosiasi. Harga efek ditentukan oleh penawaran dan permintaan pasar.

             Sebelum investor melakukan jual beli, investor hars membuka rekening di satu/beberapa perusahaan efek (tempat perdagangan surat berharga). Dengan pembukaan rekening, secara resmi, investor tercatat sebagai nasabah dan identitasnya tersimpan dalam pembukuan perusahaan efek, lalu investor juga melakukan perjanjian hak dan kewajiban kedua pihak.

             Di semua bursa berlaku prinsip ‘good delivery’, berarti tiap efek yang diperdagangkan itu sudah siap untuk diserahkan. Bagi penjual juga berlaku prinsip ‘good fund’, berarti ada jaminan penjual akan mendapatkan hasil jualnya. Transaksi ini dijamin oleh PT. KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) dan PT. KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

             Capital gain: keuntungan dari hasil jual beli saham. Sedangkan capital loss itu kerugiannya.

             Dividen: keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Protofolio adalah gabungan surat-surat berharga sebagai pilihan investasi



Investasi di Pasar Modal

             Proses investasi menjelaskan bagaimana seharusnya investor melakukan investasi dalam sekuritas. Sekuritas: surat berharga yang menunjukkan hak investor untuk dapat bagian dari kekayaan perusahaan penerbit sekuritas

             Hal yang patut diperhatikan adalah sekuritas mana pilihannya, besarnya investasi, dan waktu pelaksanaan. Berbagai langkah yang terlebih dulu perlu dilakukan yaitu menentukan kebijakan investasi, analisis sekuritas, penentuan portofolio dan direvisi lalu dinilai.

Komentar

  1. ilmu pasar saham harus faham betul nih sebelum invest saham. thank you gan. nice artikel

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghilangkan password file di WinRAR

Sebelumnya maaf saya baru kembali menulis lagi di blog ini karena saya yang sedang menjalani Ujian Akhir Semester dan hari ini saya akan membagikan tips dan trik cara menghilngkan password file di WinRAR. Siapa yang nggak gelisah dengan file WinRAR yang dipassword? Apalagi kalau password tersebut hanya bisa didapatkan setelah kita menyelesaikan survey yang tersedia di web yang telah ditentukan. Dan survey tersebut juga merepotkan kita yang berada di negara kecil seperti Indonesia. Terkadang survey yang tersedia tidak cukup bervariasi atau bahkan tidak ada survey yang tersedia. Jadi, kita diharuskan memakai VPN dan memilih koneksi ke USA. Terlebih kalau survey yang akan kita selesaikan itu ribet dan akhirnya berujung kepada file password yang tidak terbuka. Sungguh menyebalkan, hehehe. Jadi, saya akan membagi tips dan trik kepada kalian pengguna WinRAR untuk menghilangkan password pada file berbasis WinRAR (.rar). Langsung saja kebawah WinRAR didefinisikan sebagai Pengarsip berbasis W

Sejarah pada masa pra-aksara

Menurut Marwati Djonoed Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sejarah alam semesta lebih panjang dibandingkan umat manusia. Manusia pertama kali muncul sekitar zaman Pleistosen (3.000.000 sampai 10.000 tahun lalu) Asal usul Bumi dan mahluk hidup Ilmuwan meyakini Bumi terbentuk pertama kali saat adanya letusan Big Bang sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, ledakan ini menyebarkan material dalam jumlah banyak ke alam semesta lalu membentuk sistem tata surya. Dulu, Bumi berbentuk gumpalan gas panas yang kemudian berevolusi selama 2,5 miyar tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menurut ilmu Geologi, proses berkembangnya Bumi melalui 4 tahapan. Yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum a.        Masa Arkaekum Masa ini terjadi sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Dimasa ini tidak ada kehidupan karena bumi masih berbentuk bola gas panas yang bersuhu tinggi b.        Masa Paleozoikum Berlangsung sekitar 500-245jt tahun lalu. Kondisi Bumi mula