Langsung ke konten utama

Ekonomi: Perdagangan Internasional

Perdagangan Internasional
1.    Pengertian perdagangan internasional
Pertukaran barang & jasa yang dilakukan antar negara melewati batas negara

2.    Faktor dan manfaat perdagangan internasional
Faktor:
·             Perbedaan SDA. Contoh: Indonesia impor kopi dari Brazil karena lahan di Indonesia tidak mendukung ditanami kopi.
·             Perbedaan faktor sumber produksi. Contoh: Indonesia impor mobil dari Jepang karena di Indonesia tidak mampu memproduksi mobil sendiri (karena keterbatasan ilmu, tenaga kerja, atau biaya).
·             Kondisi ekonomis berbeda. Contoh: pembuatan mobil di Indonesia mahal (karena tidak punya bahan untuk pembuatnya) jadi Indonesia memutuskan untuk mengimpor mobil dari negara lain.
·             Tidak bisa memenuhi kebutuhan negara sendiri. Contoh: Negara A impor beras dari Indonesia karena kekurangan lahan untuk menanam padi atau karena beras Indonesia lebih baik kualitasnya.
·             Mencari keuntungan. Contoh: Negara A lebih untung kalau impor mobil dari Negara C karena Negara A tidak perlu mencari bahan produksi dll., dan Negara C yang ekspor mobil juga untung karena barangnya dibeli.
·             Persaingan antarbangsa. Contoh: Negara A lomba sama Negara B buat ngebuktiin kalau barang Negara A walaupun KW tapi berkualitas (gengsi Negara A jadi naik).
Manfaat:
·             Bertukar barang dan jasa. Contoh: Brazil ekspor kopi ke German karena German butuh kopi, dan German ‘bayar’ dengan cara kirim tenaga kerja ke Brazil.
·             Bergeraknya SDA & SDM.
·             Pertukaran ilmu pengetahuan. Contoh: Indonesia mau bikin MRT dan datengin arsitek dan beli kereta dari Jepang. Orang Indonesia jadi tau cara bikin MRT buat kedepannya. Jepang jadi tau juga kalau Indonesia sedang tahap pembangunan dan berkemungkinan berpotensi buat ditanami investasi dari Jepang.
·             Kerjasama ekonomi. Contoh: Pihak Jepang (karena merasa berjasa mendatangkan arsitek), ingin memiliki saham MRT sebesar 30%. Dan harga beli keretanya dikasih potongan 3% dari pihak Jepang.
·             Perubahan neraca pembayaran. Contoh: daripada Indonesia repot bikin kereta sendiri, mending impor dari Jepang dan Indonesia jadi lebih untung karena biayanya lebih murah. Jadi, neraca pembayaran juga berubah.

3.    Kebijakan perdagangan Internasional
·         Tariff: negara menetapkan pajak untuk barang impor, jadi harga barang impor saat dijual di masyarakat jadi naik. Harapannya negara bisa menekan impor.
·         Quota: negara menetapkan kuantitas barang impor
·         Dumping: kebijakan pihak eksportir (negara/perusahaan) untuk menetapkan harga barang saat diekspor lebih murah daripada harga di dalam negri. Tujuannya buat merebut pasar Internasional.
·        Premi: suntikan dana/penghargaan/kemudahan dari pemerintah. Tujuannya supaya banyak pengusaha yang bisa dan mau mengekspor barang mereka.
·        Subsidi: bantuan dana dari pemerintah untuk membiayai perusahaan.

4.    Alat pembayaran Internasional
a.      Emas. Beberapa negara masih memakai emas karena nilainya yang stabil. Biasa dipakai buat instrumen berinvestasi
b.      Valuta Asing. Mata uang yang bisa diterima di berbagai negara dan dipakai buat alat pembayaran internasional
c.      Wesel (bill of exchange). Surat perintah dari eksportir/penjual ke bank (ditujukan kepada imprtir/pembeli) untuk membayarkan sejumlah uang kepada eksportir dalam waktu yang sudah ditentukan.
d.      L/C. Surat jaminan yang dikeluarkan oleh bank yg ditunjuk oleh importir, berisi perihal mengenai kesepakatan pembayaran ke eksportir yg akan dilakukan dengan tepat waktu dan dengan jumlah nominal transaksi yg telah disepakati.

5.    Devisa dan jenis kurs
Devisa: seluruh barang yg bisa dipakai untuk pembayaran internasional
Jenis kurs:
·           Tetap: sistem nilai tukar dimana pemegang otoritas moneter tertinggi suatu negara (Central Bank) menetapkan nilai tukar dalam negeri terhadap negara lain yg ditetapkan pada tingkat tertentu tanpa melihat aktivitas penawaran dan permintaan di pasar uang.
·             Mengambang terkendali: Penetapan kurs ini tidak sepenuhnya terjadi dari aktivitas pasar valuta. Dalam pasar ini masih ada campur tangan pemerintah melalui alat ekonomi moneter dan fiskal yang ada. Jadi dalam pasar valuta ini tidak murni berasal dari penawaran dan permintaan uang.
·             Bebas: Kurs mengambang bebas merupakan suatu sistem ekonomi yang ditujukan bagi suatu negara yang sistem perekonomiannya sudah mapan. Sistem nilai tukar ini akan menyerahkan seluruhnya kepada pasar untuk mencapai kondisi equilibrium yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal.

Menghitung kurs
Posisikan diri kita sebagai bank
Kurs Beli -> Dari uang asing ke rupiah
Kurs Jual -> Dari rupiah ke mata uang asing

Neraca pembayaran
Debit: kalau kas keluar
Kredit: kalau kas masuk
1.    Jenis neraca pembayaran
a.      Neraca perdagangan (Current). Akun: barang & jasa, kupon, bunga, wesel, deviden, dll.
b.      Neraca modal (Capital). Akun: saham, investasi, obligasi, dll.
c.      Neraca emas (Gold). Akun: emas

No.
Keterangan
Jenis neraca, +/- , D/K

Expor.........................100jt
Impor...........................80jt
Beli Obligasi............... 20jt
Jual saham................  35jt
Kirim emas................. 10jt
Terima emas...............  8jt
Current, (+) , K
Current, (-) , D
Capital, (-) , D
Capital, (+) , K
Gold, (+) , K
Gold, (-) , D

Neraca Pembayaran
Pinjaman Akomodatif
Stok Nasional
Current + Capital + Gold
-(Ekspor-Impor)
-(Neraca Pembayaran + Pinjaman akomodatif)


                                                                      0

2.    Debit/kredit neraca pembayaran
Contoh: (jadi pihak indo)
1)    Indonesia ekspor beras ke Singapura 500jt (kas masuk, Kredit)
2)    Malaysia jual mobil ke Indonesia 2 M (kas keluar, Debit)
3)    Indonesia dapet transfer receipt dari German 200jt (kupon masuk, Kredit)
4)    Indonesia menyediakan jasa akuntan ke Brunei (uang masuk, Kredit)
5)    PT. Astra Indo terima investasi dari Bunkashido, Co. 1M (kas masuk, Kredit)
6)    PT. Berkah Jaya jual saham ke Qatar Foundation 1M (kas masuk, Kredit)
7)    Indo beli emas dari Arab 50kg (kas keluar, Debit)

Komentar

  1. Semangat...sukses terus ka untuk blog nya...

    BalasHapus
  2. perdagangan internasional melibatkan unsur perpajakan, bea cukai, asuransi dan pengangkutan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghilangkan password file di WinRAR

Sebelumnya maaf saya baru kembali menulis lagi di blog ini karena saya yang sedang menjalani Ujian Akhir Semester dan hari ini saya akan membagikan tips dan trik cara menghilngkan password file di WinRAR. Siapa yang nggak gelisah dengan file WinRAR yang dipassword? Apalagi kalau password tersebut hanya bisa didapatkan setelah kita menyelesaikan survey yang tersedia di web yang telah ditentukan. Dan survey tersebut juga merepotkan kita yang berada di negara kecil seperti Indonesia. Terkadang survey yang tersedia tidak cukup bervariasi atau bahkan tidak ada survey yang tersedia. Jadi, kita diharuskan memakai VPN dan memilih koneksi ke USA. Terlebih kalau survey yang akan kita selesaikan itu ribet dan akhirnya berujung kepada file password yang tidak terbuka. Sungguh menyebalkan, hehehe. Jadi, saya akan membagi tips dan trik kepada kalian pengguna WinRAR untuk menghilangkan password pada file berbasis WinRAR (.rar). Langsung saja kebawah WinRAR didefinisikan sebagai Pengarsip berbasis W

Sejarah pada masa pra-aksara

Menurut Marwati Djonoed Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sejarah alam semesta lebih panjang dibandingkan umat manusia. Manusia pertama kali muncul sekitar zaman Pleistosen (3.000.000 sampai 10.000 tahun lalu) Asal usul Bumi dan mahluk hidup Ilmuwan meyakini Bumi terbentuk pertama kali saat adanya letusan Big Bang sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, ledakan ini menyebarkan material dalam jumlah banyak ke alam semesta lalu membentuk sistem tata surya. Dulu, Bumi berbentuk gumpalan gas panas yang kemudian berevolusi selama 2,5 miyar tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menurut ilmu Geologi, proses berkembangnya Bumi melalui 4 tahapan. Yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum a.        Masa Arkaekum Masa ini terjadi sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Dimasa ini tidak ada kehidupan karena bumi masih berbentuk bola gas panas yang bersuhu tinggi b.        Masa Paleozoikum Berlangsung sekitar 500-245jt tahun lalu. Kondisi Bumi mula