Langsung ke konten utama

Cara mengingat ampuh part3

Hello guys...

Pada post yang sekarang saya akan membahas tentang "lihat judul" belajar metode rantaian dalam mengingat. Apa, rantai?! Tenang guys, kalian nggak akan dipenjara kok. Itu adalah salah satu dari 3 metode dalam mengingat yang akan kita pelajari bersama

Metode ini akan melatih kita untuk membuat suatu cerita yang unik, lucu, berharga sekaligus membahagiakan, menyedihkan, menyeramkan, penuh warna, dan mungkin berlebihan dan tidak masuk akal. Yang penting kembali lagi ke diri kalian masing-masing guys. Dengan didukung oleh sponsor musik saya yang baru saja ditambahkan (ya walaupun hanya diulang-ulang) tetapi itu juga bisa membantu kalian dalam proses mengingat. Lain waktu akan saya bahas mengenai pengaruh musik dalam kehidupan. Jadi intinya metode ini mengharuskan kita membuat suatu rangkaian cerita yang unik dari informasi yang ingin kita hafal/ingat. Oke, langsung saja ke contoh, saya akan memberi 15 benda dan saya akan membantu kalian untuk membuat contoh ceritanya

1. Baju

2. Jaket
3. Peralatan mandi
4. Uang
5. Makanan ringan
6. Handuk
7. Celana 
8. Handphone
9. Dompet
10. Deodoran
11. Charger
12. Kaus kaki
13. Obat
14. Tas
15. Sisir
Biasanya untuk mengingat hal diatas kita akan memakai metode "mantra" dengan berulang kali mengucapnya sampai bibir kita jontor atau sampai kita pusing. Ya kan? Nah, sekarang saya akan membuat ceritanya untuk memudahkan kita dalam mengingat. Ingat, cerita ini
hanya contoh saja, dan kalian harus membuatnya sendiri, oke? 
1. Baju digulung dan diusapkan ke Jaket untuk mennghilangkan kotorannya
2. Lalu dengan memakai Jaket, saya mandi menggunakan alat mandi
3. Setelah mandi, alat mandi itu saya jual untuk mendapat uang dan membeli makanan ringan
4. Takut diambil oleh teman, makanan ringan tadi saya sembunyikan dalam handuk
5. Handuk tersebut ternyata bau celana 
6. Didalam saku celana orang lain saya ambil dompet dan handphone miliknya. *Ceritanya jadi copet dadakan yang sehabis beraksi langsung digebukin sampai mati
7. Setelah mencopet Handphone, lalu deodoran saya pakai untuk menjadi colokan charger supaya terisi penuh
8. Lalu deodoran tadi diusapkan ke kaus kaki yang bau kaki *bayangkan juga kita menutup hidung karena bau-nya. Sampai-sampai beruang laut pun menghindari kita (Spongebob episode beruang laut)
9. Lalu kita mengadakan sayembara, siapa saja yang berani mencium kaus kaki tersebut maka tidak perlu minum obat
10. Tapi saya tidak berani dan tetap mengonsumsi obat yang biasa saya simpan di tas bersama sisir kesayangan saya

Usahakan dalam membuat cerita kalian dengan semenarik mungkin, seunik mungkin, seringkas mungkin, supaya otak kalian dapat mengingatnya dengan mudah dan tahan lama. Misalkan kita ingin membeli belanjaan bulanan dan lupa membuat catatan atau malas membuatnya, kita buat saja cerita seperti diatas. Saya akan memberi contoh list barang dan kalian yang membuat sendiri ceritanya
1. Sabun cair
2. Tissue
3. Pulpen

4. Sikat gigi

5. Shampoo
6. Odol
7. Cotton Buds
8. Sabun pencuci muka
9. Minyak goreng
10. Beras
11. Sisir
12. Minyak rambut
13. Gula
14. Teh
15. Bedak
Oke, silahkan kalian buat sendiri cerita kalian. Untuk metode rantaian ini ada beberapa keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya yaitu
1. Sangat efektif untuk mengingat informasi dalam jumlah sedikit (maksimal 30 kata). Karena kalau jumlah kata yang ingin kita ingat banyak, maka otomatis cerita yang harus kita buat menjadi semakin panjang, ya kan? Kalian mau bikin cerita atau Buku Roman Siti Nurbaya?
2. Bisa digunakan untuk mengingat angka atau kartu acak maksimal 50
3. Tidak perlu lokasi ingatan (akan saya bahas di post berikutnya)
Dan kelemahannya yaitu:
1. Jika salah satu rantai terputus maka informasi yang lain juga berpotensi akan kacau

2. Pada umumnya orang lupa kata pertama mereka, karena itu saya menganjurkan untuk membuat awalan cerita yang unik

3. Tidak disarankan untuk mengingat urutan benda yang memiliki imajinasi yang sama. Contoh: kaca mata baca, kalung dan liontin, rokok dan cerutu

Oke, sekian saja materinya. Untuk latihan, kalian praktik saja dirumah masing-masing. Sampai jumpa di post berikutnya
Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghilangkan password file di WinRAR

Sebelumnya maaf saya baru kembali menulis lagi di blog ini karena saya yang sedang menjalani Ujian Akhir Semester dan hari ini saya akan membagikan tips dan trik cara menghilngkan password file di WinRAR. Siapa yang nggak gelisah dengan file WinRAR yang dipassword? Apalagi kalau password tersebut hanya bisa didapatkan setelah kita menyelesaikan survey yang tersedia di web yang telah ditentukan. Dan survey tersebut juga merepotkan kita yang berada di negara kecil seperti Indonesia. Terkadang survey yang tersedia tidak cukup bervariasi atau bahkan tidak ada survey yang tersedia. Jadi, kita diharuskan memakai VPN dan memilih koneksi ke USA. Terlebih kalau survey yang akan kita selesaikan itu ribet dan akhirnya berujung kepada file password yang tidak terbuka. Sungguh menyebalkan, hehehe. Jadi, saya akan membagi tips dan trik kepada kalian pengguna WinRAR untuk menghilangkan password pada file berbasis WinRAR (.rar). Langsung saja kebawah WinRAR didefinisikan sebagai Pengarsip berbasis W

Sejarah pada masa pra-aksara

Menurut Marwati Djonoed Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sejarah alam semesta lebih panjang dibandingkan umat manusia. Manusia pertama kali muncul sekitar zaman Pleistosen (3.000.000 sampai 10.000 tahun lalu) Asal usul Bumi dan mahluk hidup Ilmuwan meyakini Bumi terbentuk pertama kali saat adanya letusan Big Bang sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, ledakan ini menyebarkan material dalam jumlah banyak ke alam semesta lalu membentuk sistem tata surya. Dulu, Bumi berbentuk gumpalan gas panas yang kemudian berevolusi selama 2,5 miyar tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menurut ilmu Geologi, proses berkembangnya Bumi melalui 4 tahapan. Yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum a.        Masa Arkaekum Masa ini terjadi sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Dimasa ini tidak ada kehidupan karena bumi masih berbentuk bola gas panas yang bersuhu tinggi b.        Masa Paleozoikum Berlangsung sekitar 500-245jt tahun lalu. Kondisi Bumi mula