Langsung ke konten utama

Mengapa saat kita makan dan minum kita harus duduk?

Hello guys...

Pada kesempatan saya saat ini, saya akan membahas tentang kebiasaan kebanyakan orang termasuk saya (bagi yang merasa melakukannya saja). Apa itu? Yaitu kebiasaan makan dan minum sambil berdiri. Ternyata hal itu berbahaya dan mendatangkan mudharat lho guys. Pertama kali ilmu ini diajarkan oleh tokoh besar Islam pada masa terdahulu termasuk Rasulullah SAW., beliau telah mengajarkan kepada kita tentang larangan makan dan minum sambil berdiri.Ini berdasarkan hadits Nabi SAW : “Janganlah di antara kalian minum sambil berdiri, bila terjadi maka muntahkanlah airnya” (HR muslim). Luar biasa, dengan keterbatasan teknologi pada zaman dahulu ternyata terdapat ilmu berharga dibalik semua keterbatasan tersebut. Subhanallah. Inilah alasannya makan dan minum sambil berdiri itu membahayakan guys...

Bahaya minum sambil berdiri

Minum air dalam jumlah proporsional sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun, hal ini terkait cara minum air yang benar. Minum air sambil duduk membuat air yang masuk ke tubuh disaring terlebih oleh sfringer (suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat). Air yang masuk ke tubuh, akan diproses di ginjal. Jika kita minum secara berdiri, proses penyaringan tidak dilakukan lagi. Air langsung menuju ke kandung kemih. Jika ini dilakukan, pengendapan pada saluran ureter tidak dapat dihindari. Sisa-sisa limbah yang mengendap di ureter dapat menyebabkan kristal di ginjal. Jadi, selain penyerapan cairan oleh tubuh menjadi tidak optimal, juga membahayakan kesehatan ginjal. Kristal ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Pemicu awalnya adalah susah kencing.

Bahaya Makan Sambil Berdiri

Menelan makanan sambil berdiri dapat menyebabkan saraf kelana melakukan refleksi, sehingga terjadi di banyak lapisan endotel yang berada di sekeliling usus. Jika refleksi ini terjadi secara keras dan mendadak, dapat menyebabkan saraf vagal inhibition tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dapat membahayakan jantung, bahkan kematian secara mendadak.
Efeknya bukan hanya itu, makan dan minum sambil berdiri yang dilakukan berulang-ulang dapat menyebabkan luka pada lambung dan dinding usus. Hampir semua kasus luka pada lambung terjadi di tempat yang biasa bertumbukan dengan makanan yang masuk ke tubuh. Cara makan dan minum yang salah ini dapat memicu refluks asam lambung, yang pada akhirnya naik ke esofagus, serta menyebabkan iritasi pada sel-sel kerongkongan. Jika dilakukan secara terus-menerus, makan sambil berdiri berpotensi menyebabkan kanker saluran esofagus.

Ketika seseorang berdiri, otot pada tenggorokan mengalami pengerutan. Hal ini menghalangi perjalanan makanan ke usus, kadang fungsi pencernaan menjadi terganggu dan timbul rasa sakit.

Ketika posisi berdiri, organ pada pusat saraf yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan, bekerja keras agar dapat mempertahankan seluruh otot tubuh. Keadaan saraf pada posisi ini kurang tenang. Makan sambil duduk menguntungkan tubuh, karena saraf dalam keadaan tenang sehingga sistem pencernaaan terkontrol dan siap menerima makanan yang masuk. Makan dan minum sabil berdiri dapat menyebabkan disfungsi saraf.

Minum sambil duduk memilik banyak manfaat kesehatan. Selain tubuh merasakan kesegaran air yang masuk, makanan atau minuman tersebut melewati dinding usus secara lembut dan perlahan.
Mungkin banyak orang diluar sana yang menganggap bahwa makan dan minum sambil berdiri itu hanya omong kosong. Tapi, jika kita teliti dengan logika pada saat berdiri penyaring/sfringer tadi akan terbuka sehingga banyak kotoran yang tidak tersaring. Sementara jika kita duduk, maka otomatis penyaring tadi akan mengatup (walaupun tidak terlalu rapat) sehingga kotoran yang ada di air bisa tersaring dengan lebih optimal. Jadi, stop makan dan minum sambil berdiri guys, dan dianjurkan juga menggunakan tangan kanan. Sampai bertemu di lain waktu
Salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menghilangkan password file di WinRAR

Sebelumnya maaf saya baru kembali menulis lagi di blog ini karena saya yang sedang menjalani Ujian Akhir Semester dan hari ini saya akan membagikan tips dan trik cara menghilngkan password file di WinRAR. Siapa yang nggak gelisah dengan file WinRAR yang dipassword? Apalagi kalau password tersebut hanya bisa didapatkan setelah kita menyelesaikan survey yang tersedia di web yang telah ditentukan. Dan survey tersebut juga merepotkan kita yang berada di negara kecil seperti Indonesia. Terkadang survey yang tersedia tidak cukup bervariasi atau bahkan tidak ada survey yang tersedia. Jadi, kita diharuskan memakai VPN dan memilih koneksi ke USA. Terlebih kalau survey yang akan kita selesaikan itu ribet dan akhirnya berujung kepada file password yang tidak terbuka. Sungguh menyebalkan, hehehe. Jadi, saya akan membagi tips dan trik kepada kalian pengguna WinRAR untuk menghilangkan password pada file berbasis WinRAR (.rar). Langsung saja kebawah WinRAR didefinisikan sebagai Pengarsip berbasis W

Sejarah pada masa pra-aksara

Menurut Marwati Djonoed Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto, sejarah alam semesta lebih panjang dibandingkan umat manusia. Manusia pertama kali muncul sekitar zaman Pleistosen (3.000.000 sampai 10.000 tahun lalu) Asal usul Bumi dan mahluk hidup Ilmuwan meyakini Bumi terbentuk pertama kali saat adanya letusan Big Bang sekitar 13,7 milyar tahun yang lalu, ledakan ini menyebarkan material dalam jumlah banyak ke alam semesta lalu membentuk sistem tata surya. Dulu, Bumi berbentuk gumpalan gas panas yang kemudian berevolusi selama 2,5 miyar tahun untuk menjadi seperti sekarang. Menurut ilmu Geologi, proses berkembangnya Bumi melalui 4 tahapan. Yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum a.        Masa Arkaekum Masa ini terjadi sekitar 2,5 milyar tahun yang lalu. Dimasa ini tidak ada kehidupan karena bumi masih berbentuk bola gas panas yang bersuhu tinggi b.        Masa Paleozoikum Berlangsung sekitar 500-245jt tahun lalu. Kondisi Bumi mula